Kamis, 19 September 2013

Jadi Pengusaha itu tak Sulit

Bisnis Indonesia, 08 September 2013
 
Judul Buku: Sederhana tapi Dahsyat
Penulis: Mustofa Romdloni
Penerbit: Kreasi Kata
Cetakan: I, 2013
Tebal: 190 Halaman

Selama ini, terdapat asumsi pada sebagian besar orang bahwa untuk memulai bisnis dan menjadi seorang pengusaha yang sukses dibutuhkan modal awal berupa uang yang tidak sedikit.

Asumsi tersebut ternyata tidaklah tepat, karena modal utama bagi siapa saja yang berniat menjadi pengusaha sukses adalah kemauan dan keberanian untuk memulai usaha meski dengan ide yang sangat sederhana dengan memanfaatkan situasi yang ada di sekitar.

Hal demikian telah dibuktikan oleh Mustofa Romdloni sebagaimana yang tertuang dalam buku berjudul lengkap Sederhana tapi Dahsyat; Langkah Sederhana yang Akan Membuat Anda Menjadi Milyarder ini. Sebelum menjadi direktur utama dari dua perusahaan besar yang bergerak di bidang biji plastik dan bahan kimia seperti saat ini, ia pada awalnya “hanyalah” buruh pabrik di daerah Cibitung.

Setelah dua tahun bekerja pada tiga perusahaan yang berbeda, kesadarannya tumbuh bahwa menjadi karyawan bukanlah jalan yang tepat untuk merealisasikan keinginannya baik dari segi ekonomi maupun aktualisasi diri. Ia akhirnya tergiur untuk memulai terjun dalam bisnis pemasaran jaringan atau yang lazim disebut Multilevel Marketing (MLM) pada tahun 2002.

Pada awalnya, Romdloni memilih bisnis ini karena kebetulan ada orang yang menawarinya bergabung ketika hasratnya menjadi pengusaha membara. Hingga kemudian dengan penuh dedikasi ia menjalankan bisnis itu setiap libur jam kerja serta hari Sabtu dan Minggu, dari presentasi ke presentasi pun dijalaninya.

Tidak sedikit pengusaha besar yang memulai usahanya dengan jenis usaha yang terlihat sangat sederhana dan kurang bermutu, serta dengan kondisi sumber daya yang sangat minim. Akan tetapi, dalam perjalanan seiring dengan kemampuan membangun bisnis, usaha mereka mampu menjelma menjadi usaha yang besar meski terkadang berbeda dengan usaha awal. Romdloni membuktikan hal itu.

Memulai bisnis dengan sederhana bisa berarti: modal uang yang bisa dijangkau dan disediakan, bahkan terkadang tanpa modal uang, bisnis yang dijalankan dengan kondisi kita sekarang, tidak peduli usia, pendidikan atau apapun latar belakang kita, bisnis di lingkungan terdekat, berani mencoba dan memulai meski belum ahli, kalau gagal tidak membuat kita bangkrut, dan jangan menunggu produk yang kita buat sempurna. (25-26)

Kemampuan seseorang dalam menjual produk, turut menentukan kesuksesannya sebagai pengusaha di masa depan. Karena penjualan berperan sangat penting dalam bisnis apapun. Tanpa penjualan, perusahaan yang paling hebat dan besar di mana pun pasti akan bankrut.

Bukti lain pentingnya penjualan adalah banyaknya buku dengan topik penjualan dan pemasaran, baik terbitan luar negeri maupun dalam negeri saat ini. Selain itu, seminar dan training untuk meningkatkan kemampuan perseorangan atau perusahaan dalam penjualan yang bertebaran menjadi bukti lain pentingnya kemampuan menjual.

Akan tetapi, mengingat tingginya persaingan menuju kesuksesan sehingga kekalahan dan kegagalan bukannya hal yang mustahil terjadi. Oleh karenanya, untuk meminimalisir dampak kegagalan maka beberapa hal dapat dilakukan, antara lain: mulailah bisnis sesuai kondisi dan sumber daya yang dimiliki, memulai dengan menjadi perantara atau pedagang, dan berbisnislah di bidang yang dikuasai. (Halaman 98-99)

Berurusan dengan orang adalah salah satu masalah terbesar dalam penjualan khususnya dan dalam bisnis secara keseluruhan. Sehingga dibutuhkan sosok unggulan untuk posisi tenaga penjualan dalam perusahaan. Kemampuan terpenting yang dibutuhkan bukanlah pengetahuan akan produk, melainkan kemampuan berurusan dengan manusia.

Kemampuan inilah yang membedakan dengan jelas mereka yang akan sukses atau tidak dalam menjalankan tugasnya. Entah seorang resepsionis, agen asuransi, salesman, manajer penjualan, direktur, bahkan pejabat negara sekelas presiden sekalipun.

Agar kemampuan berurusan dengan orang lain dan kemampuan menjual dapat meningkat, maka buku-buku psikologi terutama yang secara khusus mempelajari sifat dan karakter orang, juga buku-buku tentang ilmu penjualan dapat dijadikan referensi bacaan yang sangat berguna. Setelah itu, praktikkan secara terus menerus.

Selain meningkatkan kemampuan si penjual, kiat sukses dalam menjual antara lain; Pertama, temukan alasan kuat mengapa pelanggan mau membeli produk kita, lalu perkuat lagi. Kedua, pastikan produk kita telah sesuai antara harga, kualitas dan kemampuan calon pembeli. Ketiga, lokasi yang sesuai dengan calon pelanggan, keempat, harga jual yang pas jika dibandingkan dengan pesaing. (Halaman 171) 

Sebagaimana tertera pada judulnya, buku setebal 190 halaman ini berupaya membagikan prinsip-prinsip memulai bisnis secara sederhana disertai dengan strategi yang harus dilakukan kepada pembaca. Tidak lupa, beberapa contoh pengusaha besar, baik di tingkat nasional maupun dunia, turut disertakan sebagai bukti atas validitas teori yang dirumuskan penulisnya.

Dengan bahasa yang juga sederhana, simpel, namun terstruktur dengan jelas, serta ditulis oleh seorang praktisi, kehadiran buku ini berupaya menjadi roadmap bagi pembaca yang ingin mengikuti jejak kesuksesan penulisnya, juga orang-orang lain yang berada pada jalan kesuksesan yang sama.      
  

1 komentar:

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    BalasHapus