Jumat, 20 November 2015

Teknik Sederhana Memelihara Kesehatan

Koran Sindo, 8 November 2015

Judul Buku: The Miracle of Endorphin; Sehat Mudah dan Praktis dengan Hormon Kebahagiaan, (Gold Ed.)
Penulis: Shigeo Haruyama
Penerbit: Qanita
Cetakan: I, Oktober, 2015
Tebal: 264 Halaman  
                      
Kesehatan menjadi prioritas utama dalam kehidupan manusia. Tidak mengherankan jika sepanjang sejarah peradabannya yang membentang, riset dan penelitian mengenai teknik hidup sehat serta pengobatan atas berbagai penyakit senantiasa terus berkembang seiring dengan penyakit-penyakit baru yang terus muncul.

Pada awalnya, terdapat asumsi bahwa teknik pengobatan secara garis besar terpolarisasi dalam dua kutub dengan kekhasannya masing-masing yang berbeda bahkan bertentangan; Timur dan Barat. Namun, berkat ilmu fisiologi otak dan biologi molekuler modern, kedua tradisi tersebut dapat didamaikan dan dijelaskan dengan sama ilmiahnya.

Kombinasi keduanya bahkan memungkinkan para dokter untuk menangani kesehatan sebelum penyakit datang serta umur yang lebih panjang, terbebas dari penyakit. Hal demikian sebagaimana tawaran seorang praktisi kesehatan dari Tokyo, Jepang, bernama Shigeo Haruyama dalam buku berudul lengkap The Miracle of Endorphin; Sehat Mudah dan Praktis dengan Hormon Kebahagiaan ini.   

Sebagaimana tertera pada judulnya, kuncinya ada pada hormon kebahagiaan, senyawa-senyawa mirip morfin yang terdapat dalam otak manusia. Selain dapat meningkatkan suasana hati, kerja farmaseutikalnya juga luar biasa, antara lain membantu memperkuat penyembuhan diri sendiri. Jika hormon ini dilepaskan dalam jumlah yang cukup, efeknya tidak hanya berdampak pada otak, tetapi menjalar ke seluruh tubuh dan semuanya berguna.

Sebaliknya, jika seseorang marah dan merasa sangat tertekan, otaknya mengeluarkan noradrenalin, hormon yang sangat beracun yang menempati urutan kedua setelah bisa ular. Sehingga jika ada orang yang terus-menerus tertekan dan marah, racun ini akan membuatnya sakit, lebih cepat tua, dan lebih cepat meninggal.  (Halaman 21)

Di sisi lain ada hormon yang disebut beta-endorfin, yaitu hormon paling berkhasiat di antara hormon kebahagiaan. Meskipun penyakit yang disebabkan bakteri atau virus nyaris tidak dapat dilawan dengan pikiran positif, namun karena hormon ini memperkuat sel-sel pertahanan tubuh, sehingga dapat menumbuhkan kekuatan melawan penyakit semisal AIDS.

Selain itu, hormon kebahagiaan juga berpengaruh positif terhadap peningkatan daya ingat, semangat, daya tahan dan kreativitas, serta penurunan agresivitas dalam relasi antar-manusia. Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa jumlah hormon kebahagiaan yang dilepaskan menentukan apakah aktivitas seseorang akan berkembang ke arah positif atau negatif.

Hormon kebahagiaan dapat dilepaskan dalam diri ketika melakukan suatu perbuatan yang baik. Contohnya ketika kita melakukan sesuatu untuk anak, istri, keluarga, teman, atau sejawat, kita merasa bahagia meskipun menghadapi kesulitan dalam melakukannya. Dalam kasus-kasus sepeti itu, gelombang alfa mendominasi otak dan beta-endorfin dikelurkan dalam jumlah banyak.

Ada tiga pilar metode terapi yang dilakukan oleh Haruyama untuk memunculkan keajaiban dari hormon kebahagiaan, yaitu dengan mengatur pola makanan yang kaya protein dan sedikit kalori, olah tubuh dengan membentuk otot dan membakar lemak, dan meditasi yang memunculkan gelombang alfa. Tidak lupa, teknik khusus pemijatan medis yang ia kembangkan sendiri pun ditambahkan. (Halaman 131)

Dalam tradisi kedokteran Timur, ada gaya hidup yang secara prinsip memiliki kemiripan dengan hewan dalam hal memanfaatkan kekuatan yang ada dalam tubuh. Akan tetapi, karena pada suatu masa dianggap sebagai pandangan kuno karena ketidakmampuan manusia menjelaskan secara ilmiah cara kerja penyembuhan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, kerja metode Timur tersebut kini dapat dipahami dan dijelaskan dengan segala sesuatu yang berbasis materi. Di balik faktor-faktor yang sebelumnya dikenal sebagai yin-yang atau ki, tersembunyi potensi elektrik, oksigen aktif, dan hormon-hormon. Dengan sudut pandang tersebut terbukti bahwa kedokteran Timur memiliki kelebihan yang khas, yaitu menyembuhkan keluhan yang terkait gaya hidup. (Halaman 217)

Selain itu, seni pengobatan Timur juga merupakan pengobatan untuk merasa nyaman dan sejahtera. Penerapannya dapat membuat pasien merasa sehat, menghapus stress, menambah daya ingat, meningkatkan daya tahan tubuh, mengembangkan kreativitas, menyembuhkan luka, dan menghadirkan ketenangan yang utuh. Dalam kedokteran Timur semuanya dianggap memiliki kaitan satu sama lain.

Dengan memadukan antara ilmu kedokteran Barat dan Timur, dokter bedah yang ahli akupuntur, moxa serta shiatsu sejak remaja ini berikhtiar untuk merevolusi paradigma dan sistem pengobatan yang selama ini dikenal dalam dunia medis yang hanya berorientasi pada penanganan gejala, menuju apa yang disebutnya sebagai “revolusi besar di otak”.

Keberadaan buku setebal dua ratus enam puluh dua halaman ini dimaksudkan agar dapat diterima oleh masyarakat atau pembaca luas terutama yang mengalami peningkatan stres dan penuaan dini, sehingga dapat memperoleh informasi yang bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan dan pola hidup mereka.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar