Sabtu, 24 Mei 2014

Para Juru Damai Perang Salib

Koran Sindo, 25 Mei 2014
 
Judul Buku: Santo dan Sultan
Penulis: Paul Moses
Penerbit: Alvabet
Cetakan: I, 2014
Tebal: 411 Halaman

Perang Salib merupakan peristiwa monumental yang menandai sisi gelap para pemeluk agama dalam sejarah. Sejak pertamakali diluncurkan oleh Paus Urban II pada tahun 1095 dengan misi merebut Yerusalem dari tangan kaum muslim, tak terhitung nyawa manusia melayang dan kepala terpenggal dengan darah menggenangi bumi dari kedua belah pihak.

Tidaklah mengherankan, meski terjadi satu mileu yang lalu namun keganasan dan kengerian serta api peperangan masih memercik hingga kini pada sebagian orang. Sehingga tidak jarang sentimen Perang Salib dikobarkan demi menguak luka lama, dengan menggunakan jargon dan idiom yang digunakan pada masa itu.

Jumat, 23 Mei 2014

Mistik dan Makrifat Sunan Kalijaga

Harian Bhirawa, 23 Mei 2014
 
Judul Buku: Sunan Kalijaga; Mistik dan Makrifat
Penulis: Achmad Chodjim
Penerbit: Serambi
Cetakan: I, 2013
Tebal: 371 Halaman

Sunan Kalijaga merupakan nama salah seorang Wali Sanga yang sangat terkenal pada masyarakat Jawa. Meski demikian, sangat sedikit orang yang mengetahui ajarannya. Umumnya hanya mengetahui sebatas warisan karyanya berupa tembang, antara lain tembang “Ilir-ilir” yang biasa dinyanyikan anak-anak di Jawa. 

Nama kecilnya adalah Raden Syahid. Anak adipati Tuban bernama Tumenggung Wilatikta atau Aria Teja (IV) yang merupakan keturunan dari Aria adikara atau Ranggalawe, salah seorang pendiri kerajaan Majapahit. Ketika ia lahir, Majapahit sudah mulai surut sedangkan kesejahteraan masyarakat sangat memprihatinkan. 

Senin, 19 Mei 2014

Pengalaman para Santri di Negeri Barat



Judul Buku: Berguru ke Kiai Bule
Penulis: Sumanto Al-Qurtuby, dkk. 
Penerbit: Noura Books
Cetakan: I, 2013
Tebal: 275 Halaman

Selama ini, seolah ada asumsi pada sebagaian besar kalangan muslim Indonesia bahwa ilmu-ilmu keislaman hanya layak dipelajari di Timur-Tengah, seperti Mesir, Arab Saudi, dan negara-negara Arab lainnya yang pernah menjadi pusat kebudayaan Islam seperti Baghdad dan Qum.

Sedangkan negara-negara Barat di benua Eropa dan Amerika, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Jerman jangankan menjadi tempat studi Islam, bahkan gambaran umum umat Islam saat ini saja masih menganggap bahwa belahan dunia tersebut bukan merupakan tempat tinggal yang ideal bagi mereka.

Selasa, 13 Mei 2014

Menjelajahi Sejarah Panjang Prancis

Koran Sindo, 13 April 2014

Judul Buku: Paris; Sejarah yang Tersembunyi
Penulis: Andrew Hussey
Penerbit: Alvabet
Cetakan: I, Februari 2014
Tebal: 591 Halaman

Keanggunan arsitektur kota, keelokan para perempuannya, serta kehidupan gemerlap para bangsawan, demikian citra dan ilusi yang ditimbulkan Paris. Akan tetapi, ilusi paling kuat yang diciptakan oleh ibukota Prancis ini adalah sejarahnya.

Setidaknya demikian menurut berjudul lengkap Paris; Sejarah yang Tersembunyi ini. Ditulis oleh Andrew Hussey, buku ini berusaha memaparkan kisah Paris dari sudut pandang “kelas-kelas berbahaya”, sebuah istilah yang digunakan para sejarawan Prancis untuk mendeskripsikan unsur-unsur marginal dan subversif di kota ini yang catatan pengalamannya bertentangan dengan sejarah resmi.