Selasa, 16 Desember 2014

Cara Sederhana, Hasil Luarbiasa

Koran Sindo, 7 Desember 2014

Judul Buku: 59 Detik yang Membuat Anda Menjadi Lebih Kreatif, Lebih Meyakinkan, Lebih Menarik, dan Lebih Bahagia  
Penulis: Richard Wiseman
Penerbit: Alvabet
Cetakan: I, Oktober 2014
Tebal: 428 Halaman

Selama bertahun-tahun, para pakar pengembangan diri kerap menjelaskan sebuah penelitian tanpa memeriksa faktanya terlebih dahulu. 

Salah satu mitos, yang kemudian dianggap sebagai sebuah kebenaran, adalah bahwa dengan menekan pikiran-pikiran negatif dan membiasakan berpikir positif, dapat membuat seseorang menjadi bahagia.

Faktanya justru berbeda dengan yang dilaporkan penelitian ilmiah. Penelitian menunjukkan bahwa menekan pikiran-pikiran negatif justru bisa semakin menambah, bukan mengurangi, kesengsaraan. Eksperimen yang dilakukan para psikolog membuktikan kelompok orang yang berusaha menekan pikiran-pikiran negatif mereka justru semakin memikirkan pikiran sama.

Jika hal demikian yang terjadi, maka apa yang harus dilakukan seseorang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik termasuk hidup bahagia ? buku berjudul lengkap 59 Detik yang Membuat Anda Menjadi Lebih Kreatif, Lebih Meyakinkan, Lebih Menarik, dan Lebih Bahagia ini mengupas sekaligus mendekonstruksi beragam mitos yang telah diperlakukan layaknya sebuah kebenaran dalam dunia self-help dengan kerangka berpikir ilmiah.

Kebahagiaan memang menjadi penting karena, sebagaimana hasil penelitian Sonja Lyubomirsky, kebahagiaan dapat membuat manusia menjadi lebih sosial dan peduli terhadap orang lain. Perasaan ini membuat mereka semakin menyukai diri mereka sendiri dan orang lain, meningkatkan kemampuan dalam mengatasi konflik dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Akan tetapi, berbeda dengan asumsi kebanyakan orang yang cenderung berpikir materialistis tentang korelasi kebahagiaan dengan banyaknya uang, Richard Wiseman, penulis buku ini justru menemukan bahwa mengungkapkan rasa syukur, membayangkan masa depan yang sempurna serta menulis hal-hal yang bersifat kasih terbukti ampuh dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang, menurunkan tingkat stres, bahkan menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. (Halaman 25)  

Sedangkan lingkungan yang dirasa nyaman ternyata, menurut hasil penelitian yang lain, mampu merangsang munculnya ide-ide yang lebih kreatif dan menarik bagi orang-orang yang berada di dalamnya. Dengan kata lain, kreativitas manusia dapat ditumbuhkan dengan cara menciptakan kondisi yang lebih nyaman baginya. 

Salah satu cara yang sederhana untuk membangkitkan munculnya pemikiran kreatif adalah dengan meletakkan tanaman dan bunga di dalam sebuah ruangan, dan, jika memungkinkan, pastikan jendela menghadap ke pepohonan dan rumput, bukan ke arah beton atau besi. 

Namun apabila kita tidak dapat menghadirkan unsur alam ke dalam lingkungan atau ruangan sekitar, maka pergi ke daerah hijau terdekat dapat menjadi solusi yang efektif. Dekorasi ruangan yang berwarna hijau juga terbukti mampu memancing pemikiran yang kreatif dan inovatif bagi orang di sekitarnya. (Halaman 162)

Ratusan hasil studi yang berasal dari berbagai bidang ilmu perilaku dikumpulkan oleh Wiseman dalam satu buku setebal empat ratus dua puluh delapan halaman ini. Mulai dari suasana hati sampai memori, persuasi sampai penundaan, kegigihan sampai hubungan, yang secara bersama-sama mewakili ilmu pengetahuan baru tentang perubahan secara pesat.

Selain mengupas cara menumbuhkan kebahagiaan dan kreativitas, buku yang terdiri dari dua belas bab ini juga membahas cara memunculkan motivasi, meningkatkan kemampuan persuasi, menghidupkan daya tarik, menghilangkan stres, mempererat suatu hubungan, pengambilan keputusan, mendidik anak, serta membaca kepribadian.

Pada bab akhir, kesimpulan, Wiseman menyuguhkan kepada para pembaca sepuluh teknik hasil penelitian mengenai kepribadian paling menarik yang dapat dijelaskan dalam waktu yang sangat singkat, kurang dari satu menit atau maksimal lima puluh detik. (Halaman 396-400)

Sepuluh teknik tersebut hasil bacaannya atas berbagai penelitian perilaku manusia yang telah dipelajarinya dari berbagai jurnal. Uniknya, salah satu kiat yang direkomendasikannya adalah untuk memasang foto bayi yang tersenyum pada dompet. Hal demikian, menurut Wiseman, memperbesar kemungkinan dikembalikannya dompet tersebut, jika hilang, sebesar 30 persen.

Membuat daftar tiga hal yang disyukuri dalam hidup sepanjang minggu, merupakan teknik lain yang disarankannya kepada pembaca. Tujuannya agar mampu memberikan peningkatan secara signifikan terhadap kebahagiaan. Sehingga pada gilirannya mampu membuat pembaca menjadi lebih bersemagat mengenai masa depan dan meningkatkan kesehatan fisik mereka.     
     
Sebagaimana diakui oleh penulis buku ini, bahwa teknik-teknik yang dijelaskan dalam buku ini memperlihatkan bahwa perubahan yang efektif tidak harus menghabiskan banyak waktu. Bahkan, sebagaimana judulnya, waktu yang dibutuhkan bisa jadi kurang dari satu menit dan seringkali cukup dengan mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki.

Selain itu, dengan latarbelakang akademiknya sebagai seorang professor bidang psikologi publik yang digambarkan sebagai sosok psikolog eksperimental paling menarik dan inovatif di dunia saat ini, Wiseman selalu mensandarkan teori-teorinya dengan berbasis eksperimental. Hasilnya, gagasan yang ditawarkannya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar