Minggu, 26 Agustus 2012

“Kitab Suci” Para Penulis

Kedaulatan Rakyat, 12 Agustus 2012
 
Judul Buku: Jadi Penulis ? Siapa Takut !
Penulis: Alif Danya Munsyi
Penerbit: Kaifa
Cetakan: I, 2012
Tebal: 268 Halaman

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yapi Tambayong alias Remy Sylado, atau dalam buku berjudul Jadi Penulis ? Siapa Takut ! ini memperkenalkan diri sebagai Alif Danya Munsyi. Dialah peraih Tirto Adhi Soerjo Award di tahun 2008 dan Press Card Number One di tahun 2010.

Melalui kepala dan tangannya, telah banyak lahir karya-karya bermutu mulai dari artikel, esai, kolom, drama dan novel. Penulis satu ini memang dikenal sosok yang multi-talenta. Ia bukan hanya mampu memerankan dengan baik berbagai profesi yang digelutinya, tetapi juga meraih penghargaan dalam setiap profesi tersebut. Lalau apa rahasia di balik kehebatannya dalam menulis ?

Minggu, 05 Agustus 2012

Membentuk Otak Pemenang

Sindo, 5 Agustus 2012
 
Judul Buku: The Winner’s Brain
Penulis: Jeff Brown, Mark Fenske dan Liz Neporent
Penerbit: Gemilang
Cetakan: I, 2012
Tebal: 286 Halaman

Dewasa ini, tidak sedikit buku mengenai kesuksesan menggunakan pendekatan yang hanya menekankan pada perilaku, tapi tidak mampu mengaitkan fungsi-fungsi penting otak dengan perilaku tertentu.

Padahal, keduanya terikat satu sama lain. Cara berpikir dan berperilaku akan mempengaruhi otak, sebaliknya perubahan yang terjadi pada otak juga akan mempengaruhi pemikiran dan perilaku pemiliknya. Sehingga dengan demikian optimalisasi dan sinergitas antara perilaku dan otak menjadi perlu, dan menafikan salah satunya sangatlah tidak relevan.