Sabtu, 28 Januari 2012

Jurus Ampuh Meraih Sukses

Sindo, 29 Januari 2012

Judul Buku: 10 Jalan Sukses
Penulis: Akbar Zainuddin
Penerbit: Mizan Publika
Cetakan: I, 2011
Tebal: 234 Halaman

Apa yang anda pikirkan ketika melihat orang lain yang lebih sukses daripada anda meski ia tidak bekerja sekeras Anda ? Jawabannya mungkin bisa beragam, termasuk menyalahkan Tuhan yang dirasa tidak adil, meski Dia Maha Adil.

Tetapi, tahukah anda bahwa merasa bekerja lebih keras dari orang lain merupakan bentuk kesombongan dan arogansi diri yang mengakibatkan kita tidak mau mendengar dan belajar ? Padahal begitu banyak ilmu yang bisa kita timba dari pengalaman orang yang telah mencapai kesuksesan, jika saja kita mau belajar.      

Dengan kata lain, kesuksesan juga sangat erat kaitannya dengan mental dan mind-set seseorang. Jika kita menganggap diri besar dan tidak butuh lagi untuk belajar, maka jangan harap akan berkembang. Kita hanya akan menjadi katak dalam tempurung. Sebaliknya, jika kita mau introspeksi diri, terus belajar dan bekerja keras, maka kesuksesan hanyalah masalah waktu.

Selasa, 24 Januari 2012

Inovator Abad 21

AnalisisNEWS.com, 24 januari 2012

Judul Buku: Steve Jobs
Penulis: Walter Isaacson
Penerbit: Bentang
Cetakan: I, Oktober 2011
Tebal: 728 Halaman

Berita kematian Steve Jobs pada 5 Oktober 2011 silam menjadi trending topic di jejaring sosial, terutama facebook dan twitter. Bahkan, traffic di twitter mengalami lonjakan yang signifikan, mengalahkan berita tewasnya Osama Bin Laden maupun Royal Wedding putra mahkota kerajaan Inggris.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat sosoknya yang sangat identik dengan produk-produk teknologi termutakhir. Namanya tidak mungkin terpisahkan dengan Apple, perusahaan besar yang didirikannya. Dia juga tercatat sebagai pemilik hak paten tidak kurang 300 hardware dan software, termasuk iPod, iPad, iTunes, iPhone dan lain-lain. Bagaimanakah sosok yang pantas disebut sang Inovator abad 21 ini ?

Inilah buku yang secara lengkap dan paling lengkap mengenai Steven Paul Jobs. Steve Jobs ditulis oleh Walter Isaacson, seorang spesialis penulis biografi tokoh terkenal seperti Benjamin Franklin dan Albert Einstein. Keduanya dikenal sebagai panutan yang memiliki kecintaan pada umat manusia dan ilmu pengetahuan sangat kuat. Karakter yang serupa, rupanya coba hendak ditampilkan Isaacson melalui sosok Jobs dalam buku ini.

Minggu, 15 Januari 2012

Mengenal Islam Toleran

Bisnis Indonesia, 15 januari 2012

Judul BukuBerislam secara Toleran
Penulis: Irwan Masduqi
Penerbit: Mizan
Cetakan: I, 2011
Tebal: 310 Halaman


Maraknya aksi kekerasan yang menggunakan topeng agama sebagai sandaran ideologisnya selama satu dasa warsa terakhir, memunculkan gelombang phobia di berbagai belahan bumi, terutama Barat, terhadap Islam agama yang dianut para pelaku tersebut.


Seiring dengan hal itu, istilah terorisme pun semakin tererek popularitasnya usai dikampanyekan George W. Bush, kala menjabat presiden Amerika Serikat, pasca peristiwa 11 September. Hingga kini, kata terorisme menjadi sangat identik dengan “Islam” sebagai sebuah agama.


Kalangan Islamophobik seolah tak henti-hentinya menciptakan stereotype bahwa umat Islam adalah ekstremis, pembuat onar, anti-Kristen dan anti-Yahudi, menolak demokrasi, opresif terhadap wanita, dan memaksakan menerapkan hukum Islam yang kejam.


Di sisi lain, Islamophilia cenderung membaik-baikkan citra Islam. Kalangan Islamophilik menyatakan bahwa yang pantas merepresentasikan Islam adalah Muslim yang baik yang senantiasa mengutamakan cinta dan perdamaian, bukan para teroris. Muslim yang baik adalah yang memposisikan perempuan secara egaliter dan memberikan hak-hak kebebasan kepada mereka. Muslim yang baik yang memiliki kesadaran pluralistik, moderat, demokratis, dan menolak kekerasan atas nama agama.

Sabtu, 14 Januari 2012

Kompilasi Fatwa MUI

Kompas.com 13 januari 2012

Judul Buku: Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Sejak 1975
Penulis: K.H. Ma’ruf Amin, dkk. 
Penerbit: Erlangga
Cetakan: I, 2011
Tebal: 962 Halaman


Hampir setiap produk makanan kemasan yang beredar di Indonesia, pasti memajang logo dan stempel lembaga ini. Demikian pula sebagaian rumah makan melakukan hal serupa. 


Majelis Ulama Indonesia (MUI) memang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap hajat hidup sebagian umat Islam. Fatwa-fatwa yang dihasilkannya, menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat: mulai dari masalah keseharian yang terkait dengan urusan pribadi hingga masalah kebijakan yang terkait dengan urusan publik; mulai dari masalah ibadah hingga masalah sosial politik dan sosial kemasyarakatan; mulai dari masalah halal dan haramnya makanan hingga masalah kedokteran, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentu saja yang berkaitan dengan tema keagamaan.

Sabtu, 07 Januari 2012

Jagal Manusia dari Riga


Judul Buku: The Odessa File
Penulis: Frederick Forsyth
Penerbit: Serambi
Cetakan: I, 2011
Tebal: 507 Halaman

Siapa yang tidak kenal dengan Adolf Hitler ? pria berkumis unik yang konon dikebumikan di Surabaya, Jawa Timur, ini merupakan gembong Nazi sekaligus otak dari serangkaian aksi genosida di Jerman yang kemudian menjadi biang pecahnya Perang Dunia II.

Semasa hidupnya, dapat dipastikan bahwa Hitler seorang yang kharismatik. Sehingga tidak mengherankan, jika hanya dengan menjentikkan jari telunjuknya ia mampu menggerakkan jutaan tentara yang siap mati untuknya, baik untuk  berperang menghadadari gempuran pasukan sekutu yang dipimpin Amerika Serikat maupun membantai puluhan juta warga sipil.

Salah satu loyalis sang Fuhrer adalah seorang kapten Schultz-Staffel (SS), pasukan khusus Nazi yang dikomandani oleh Heinrich Himmler, bernama Eduard Roschmann. Pria ini, disinyalir telah mencabut ratusan ribu nyawa warga sipil Yahudi di Riga, Latvia. Kekejiannya nyaris terlupakan sejarah, jika saja Salomon Tauber tidak menceritakannya dalam sebuah catatan harian yang ditemukan pasca kematiannya.