Sabtu, 10 Desember 2011

Keajaiban dalam Secangkir Teh

Bisnis Indonesia, 11 Desember 2011

Judul Buku: The Miracle of Tea
Penulis: Mark “Dr. Tea” Ukra
Penerbit: Qanita
Cetakan: I, 2011
Tebal: 328 Halaman

Tak ada masalah yang begitu besar atau buruk yang tak bisa dikurangi dengan secangkir teh yang nikmat. (Bernard-Paul Heroux)

Barangkali kalimat di atas sedikit hiperbolik, akan tetapi  ada benarnya jika obesitas yang menjadi masalah utama Anda. Karena ternyata teh bukan sekedar minuman kesehatan yang selama berabad-abad diakui hampir di seluruh dunia, tetapi juga the  memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membantu menghentikan krisis kesehatan terbesar di dunia tersebut.

Setidaknya demikian yang diungkap Mark “Dr. Tea” Ukra dalam buku berjudul The Miracle of Tea ini. Mengapa demikian? teh dengan bahan alami bukan hanya membantu mengurangi berat badan, tetapi juga mengurangi keinginan kita menyantap yang manis-manis, menekan selera makan, meningkatkan daya kerja insulin, mengurangi kolesterol, dan merangsang panas tubuh, yang membantu tubuh membakar lemak untuk energi.

Rahasianya adalah sinergi tiga zat yang terkandung dalam teh; pertama, Kafein stimulant alami yang terbukti meningkatkan proses yang dikenal thermogenesis, atau penghasil panas di dalam tubuh sehingga membakar molekul-molekul lemak. Namun, terlalu banyak kafein juga dapat membahayakan kesehatan.

Kedua, L-theanine sejenis asam amino yang berfungsi menangkal efek merugikan dari kafein, selain itu juga mempengaruhi neurotransmitter (zat-zat kimia kimia yang menjadi penghubung antarsel otak) di otak sehingga mempengaruhi kadar dopamine dan serotonin yang mengirimkan sinyal kepuasan ke otak. Zat ini juga diyakini membantu melindungi otak manusia dari kemungkinan terkena stroke.

Ketiga, Epigallocatechin-3-gallate (EGCG), antioksidan ajaib yang merangsang metabolisme tubuh. Selain itu, juga mampu menurunkan kadar trigliserida di dalam darah dan menghentikan penumpukan asam lemak di dalam sel-sel lemak sehingga merupakan antiobesitas yang penting. EGCG menurut para peneliti di University of Kansas juga memiliki kandungan antioksidan seratus kali lebih besar daripada vitamin C, sehingga dapat membantu mencegah kanker. 

Zat-zat mengagumkan yang mempengaruhi proses kimiawi tubuh dalam meningkatkan metabolisme, menurunkan selera makan, dan membantu menstabilkan gula darah tersebut hanya terdapat dalam teh, sehingga poin utama jika ingin menurunkan berat badan dengan The Ultimate Tea Diet adalah, yang diminum harus teh asli, yang mengandung bahan-bahan tersebut. Dan semua jenis teh yang berasal dari tanaman Camellia sinesis ini memiliki manfaat kesehatan yang sama baik teh Putih, Hijau, Oolong, maupun teh Hitam.

Menurut Tea Association of America, industri teh di Amerika mencapai $6, 2 milyar pada tahun 2005, dan melampaui $10 milyar pada tahun 2010 dengan rata-rata 2,2 milyar galon teh dikonsumsi oleh orang Amerika setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan, bahwa teh merupakan minuman yang paling banyak digemari dan dikonsumsi masyarakat, setelah air putih.

Buku setebal tiga ratus dua puluh delapan halaman ini, merupakan buku pertama yang menunjukkan kemampuan teh dalam menurunkan berat badan. Namun, buku ini juga bukan sekedar buku diet yang dipahami secara umum tetapi diet yang ada begitu unik, karena yang dipersoalkan bukan apa yang dikurangi untuk dikonsumsi, melainkan apa yang yang ditambahkan: teh.

Ditulis secara lengkap dan detail disertai penjelasan ilmiah yang disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, membuat pembaca tidak merasa tidak sedang membaca sebuah buku science, terlebih disetiap bab selalu disisipkan kutipan-kutipan menarik yang berhubungan dengan teh. Tak ketinggalan, tip dan resep praktis meracik berbagai menu teh nikmat pun disajikan secara jelas, yang pastinya akan membantu program diet pembaca.   

Untuk meyakinkan pembaca, penulis yang berasal dari keluarga pebisnis teh selama 200 tahun ini menampilkan berbagai testimoni dari kalangan masyarakat yang disatukan karena kesuksesan mereka menurunkan berat badan dan obesitas dengan mengkonsumsi teh secara rutin. Selamat membaca sambil menikmati segelas teh.

2 komentar:

  1. Wow, seriusan nih banyak tips untuk menurunkan berat badan dengan teh? Wah, layak baca bgt! :)

    BalasHapus
  2. Banyak, judul aslinya aja The Ultimate Tea Diet kok. Silahkan...;-)

    BalasHapus