Sabtu, 29 Januari 2011

Optimalisasi Tujuh kekuatan Diri

Sindo, 30 Januari 2011
 
Judul Buku: Personal Power
Penulis: Ibrahim Elfiky
Penerjemah: Aisyah
Penerbit: Zaman
Cetakan: Pertama, Januari 2011
Tebal: 324 Halaman

Tahukah Anda bahwa otak manusia memiliki lebih dari 100 miliar sel saraf, dan jika semuanya digabung dan direntangkan dalam satu garis, panjangnya akan mencapai sekitar 1000 km? Selain itu, otak juga memiliki kapasitas untuk menerima 2 miliar bit informasi per detik dan lebih dari 60.000 pikiran setiap hari. Setiap pemikiran Anda lebih cepat daripada kecepatan cahaya, yaitu 180.000 mil per detik.

Demikian yang dikatakan oleh Dr. Eric H. Chudler dari Departemen Anestesiologi pada University of Washington yang dikutip oleh Ibrahim Elfiky, penulis buku berjudul lengkap Personal Power: Membuktikan 7 Rahasia Kekuatan Pribadi ini, dalam pendahuluannya. Meski melakukan kajian yang berbeda dengan Chudler, namun Keduanya -Elfiky dan Chudler- berusaha untuk membuktikan keunggulan manusia dibanding spesies lainnya dan menghasilkan kesimpulan serupa.

Sebagaimana yang tertera pada judulnya, dalam buku setebal tiga ratus dua puluh empat halaman ini Elfiky berusaha menggali, membuktikan dan membantu mengoptimalkan tujuh  potensialitas rahasia kekuatan pribadi yang tertanam pada diri pembaca. Dengan harapan agar setiap individu memiliki kehidupan yang lebih berhasil, lebih bermutu dan lebih memuaskan.


Keyakinan Elfiky berdasarkan pada fakta bahwa pada dasarnya manusia dikarunia potensi yang sama semenjak lahir. Perbedaan mulai terbentuk justru ketika manusia tengah bermetamorfosa tumbuh berkembang menuju kedewasaannya. Tanpa disadari segala potensi dalam dirinya tertimbun oleh mentalitas yang tidak sesuai dengan karunia yang dimilikinya.

Potensi dalam diri manusia diibaratkan oleh Elfiky laksana patung Budha Emas yang tertutup lempengan tanah liat, memerlukan pahatan dari luar agar terlihat segala potensi keindahannya. Ada satu kisah menarik dari Elfiky yang mengilustrasikan potensi terpendam manusia. Beberapa ratus tahun silam, angkatan bersenjata Birma hendak menyerbu Thailand di China. Mengetahui hal itu, para biksu Siam lantas melapisi patung Budha Emas dengan lempung bertujuan agar harta paling berharga tersebut tidak dijarah.

Usaha para biksu nampaknya berhasil, namun resikonya harta itu terpendam selama berabad-abad tidak dikenal dunia mengingat seluruh biksu penghuni biara dibantai pasukan agresor. Singkat cerita, beberapa abad kemudian tepatnya pada 1957, para biksu biara memindahkan patung tersebut ke tempat baru, untuk memberi ruang bagi proyek renovasi.

Sialnya, pada waktu itu hujan turun membasahi sekujur tubuh patung, dan mengakibatkan beberapa bagian patung bopeng. Akhirnya diputuskan agar patung dikembalikan ke tempat semula, agar terhindar dari kerusakan lebih parah akibat hujan deras.

Pada malam harinya, ketika biksu kepala biara memeriksa kondisi patung dan lampu senternya menyorot ke sebuah retakan pada tanah lempung yang melapisinya, ia melihat seberkas sinar kecil berkilau. Penasaran, ia mendekat dan mulai menatah lapisan tanah lempung tersebut. Keping demi keping lapisan tanah lempung itu runtuh, sedangkan sinar kecil yang tadi dilihatnya semakin terang dan besar. Hingga akhirnya, setelah beberapa jam, sang biksu kini berhadapan dengan patung Buddha terbuat dari emas yang solid.             

Itulah Buddha Emas dan itulah potensi yang tersimpan dalam diri manusia. Lalu bagaimanakah kiat untuk menggali potensi tersebut? Elfiky menawarkan tujuh rahasia yang tersimpan dalam diri manusia beserta teknik untuk membangkitkannya. Tujuh kekuatan ini tersembunyi menunggu untuk dikenali dan dioptimalkan, terdiri dari: kekuatan kesadaran, kekuatan tujuan, kekuatan keyakinan, kekuatan cinta, kekuatan energi positif, kekuatan konsentrasi dan kekuatan keputusan.  

Dalam membedah setiap bagian, Elfiky selalu menyuguhkan terlebih dahulu cerita-cerita inspiratif yang memiliki korelasi dengan bahasan, dimaksudkan untuk memotivasi pembaca. Respon pembaca dipancing menggunakan pertanyaan “bagaimana dengan Anda?” sehingga merasa terlibat secara psikologis dengan cerita yang dituturkan.

Sebagai buah pikiran dari seorang yang telah mengecap kesuksesan -baik sebagai pengusaha, akademisi maupun motivator yang telah melatih tujuh ratus ribu orang melalui seminar dan pelatihan yang digelar di seluruh dunia dengan tiga bahasa: Inggris, Prancis dan Arab- sulit bagi siapapun untuk meragukan muatan yang terkandung dalam buku ini. Sekaligus hal tersebut menjadi bukti kuat betapa teori-teori yang di bangun Elfiky tidak sekedar omong kosong yang hanya mampu menyihir pembaca dengan kata-kata, namun terbukti efektif sebagaimana prestasi yang diraih penulisnya.

Buku yang ditulis menggunakan gaya antusias, dinamis, dan menghibur ini menuntun pembaca untuk membuka  dan mengoptimalkan potensi terpendam yang dimilikinya. Dengan bahasa sederhana, diharapkan pembaca mudah mencerna substansi yang dimaksud penulis, terlebih di dalamnya bertebaran kata-kata mutiara dan ilustrasi yang mudah disesap. Buku penting bagi siapapun yang ingin melakukan perubahan secara mendasar ke arah yang lebih baik. Bagaimana dengan Anda?

2 komentar:

  1. hubungi saja penerbitnya, bisa di fb bisa di web-nya juga....makasih.....

    BalasHapus