Judul Buku: Sederhana tapi Dahsyat
Penulis: Mustofa Romdloni
Penerbit: Kreasi Kata
Cetakan: I, 2013
Tebal: 190 Halaman
Selama ini,
terdapat asumsi pada sebagian besar orang bahwa untuk memulai bisnis dan menjadi seorang pengusaha yang
sukses dibutuhkan modal awal berupa uang yang tidak sedikit.
Asumsi tersebut
ternyata tidaklah tepat, karena modal utama bagi siapa saja yang berniat
menjadi pengusaha sukses adalah kemauan dan keberanian untuk memulai usaha meski
dengan ide yang sangat sederhana dengan memanfaatkan situasi yang ada di
sekitar.
Hal demikian telah
dibuktikan oleh Mustofa Romdloni sebagaimana yang tertuang dalam buku berjudul
lengkap Sederhana tapi Dahsyat; Langkah Sederhana yang Akan Membuat Anda Menjadi
Milyarder ini. Sebelum
menjadi direktur utama dari dua perusahaan besar yang bergerak di bidang biji
plastik dan bahan kimia seperti saat ini, ia pada awalnya “hanyalah”
buruh pabrik di daerah Cibitung.
Setelah dua tahun
bekerja pada tiga perusahaan yang berbeda, kesadarannya tumbuh bahwa menjadi
karyawan bukanlah jalan yang tepat untuk merealisasikan keinginannya baik dari
segi ekonomi maupun aktualisasi diri. Ia akhirnya tergiur untuk memulai terjun
dalam bisnis pemasaran jaringan atau yang lazim disebut Multilevel Marketing
(MLM) pada tahun 2002.
Pada awalnya, Romdloni
memilih bisnis ini karena kebetulan ada orang yang menawarinya bergabung ketika
hasratnya menjadi pengusaha membara. Hingga kemudian dengan penuh dedikasi ia
menjalankan bisnis itu setiap libur jam kerja serta hari Sabtu dan Minggu, dari
presentasi ke presentasi pun dijalaninya.
Tidak sedikit
pengusaha besar yang memulai usahanya dengan jenis usaha yang terlihat sangat
sederhana dan kurang bermutu, serta dengan kondisi sumber daya yang sangat
minim. Akan tetapi, dalam perjalanan seiring dengan kemampuan membangun bisnis,
usaha mereka mampu menjelma menjadi usaha yang besar meski terkadang berbeda
dengan usaha awal. Romdloni membuktikan hal itu.
Memulai bisnis
dengan sederhana bisa berarti: modal uang yang bisa dijangkau dan disediakan,
bahkan terkadang tanpa modal uang, bisnis yang dijalankan dengan kondisi kita
sekarang, tidak peduli usia, pendidikan atau apapun latar belakang kita, bisnis
di lingkungan terdekat, berani mencoba dan memulai meski belum ahli, kalau gagal
tidak membuat kita bangkrut, dan jangan menunggu produk yang kita buat
sempurna. (25-26)
Kemampuan
seseorang dalam menjual produk, turut menentukan kesuksesannya sebagai
pengusaha di masa depan. Karena penjualan berperan sangat penting dalam bisnis
apapun. Tanpa penjualan, perusahaan yang paling hebat dan besar di mana pun
pasti akan bankrut.
Bukti lain
pentingnya penjualan adalah banyaknya buku dengan topik penjualan dan
pemasaran, baik terbitan luar negeri maupun dalam negeri saat ini. Selain itu,
seminar dan training untuk
meningkatkan kemampuan perseorangan atau perusahaan dalam penjualan yang
bertebaran menjadi bukti lain pentingnya kemampuan menjual.
Akan tetapi,
mengingat tingginya persaingan menuju kesuksesan sehingga kekalahan dan
kegagalan bukannya hal yang mustahil terjadi. Oleh karenanya, untuk
meminimalisir dampak kegagalan maka beberapa hal dapat dilakukan, antara lain:
mulailah bisnis sesuai kondisi dan sumber daya yang dimiliki, memulai dengan
menjadi perantara atau pedagang, dan berbisnislah di bidang yang dikuasai.
(Halaman 98-99)
Berurusan dengan
orang adalah salah satu masalah terbesar dalam penjualan khususnya dan dalam
bisnis secara keseluruhan. Sehingga dibutuhkan sosok unggulan untuk posisi
tenaga penjualan dalam perusahaan. Kemampuan terpenting yang dibutuhkan
bukanlah pengetahuan akan produk, melainkan kemampuan berurusan dengan manusia.
Kemampuan inilah
yang membedakan dengan jelas mereka yang akan sukses atau tidak dalam
menjalankan tugasnya. Entah seorang resepsionis, agen asuransi, salesman, manajer penjualan, direktur,
bahkan pejabat negara sekelas presiden sekalipun.
Agar kemampuan berurusan
dengan orang lain dan kemampuan menjual dapat meningkat, maka buku-buku
psikologi terutama yang secara khusus mempelajari sifat dan karakter orang,
juga buku-buku tentang ilmu penjualan dapat dijadikan referensi bacaan yang
sangat berguna. Setelah itu, praktikkan secara terus menerus.
Selain
meningkatkan kemampuan si penjual, kiat sukses dalam menjual antara lain; Pertama, temukan alasan kuat mengapa
pelanggan mau membeli produk kita, lalu perkuat lagi. Kedua, pastikan produk kita telah sesuai antara harga, kualitas dan
kemampuan calon pembeli. Ketiga,
lokasi yang sesuai dengan calon pelanggan, keempat,
harga jual yang pas jika dibandingkan dengan pesaing. (Halaman 171)
Sebagaimana
tertera pada judulnya, buku setebal 190 halaman ini berupaya membagikan
prinsip-prinsip memulai bisnis secara sederhana disertai dengan strategi yang
harus dilakukan kepada pembaca. Tidak lupa, beberapa contoh pengusaha besar,
baik di tingkat nasional maupun dunia, turut disertakan sebagai bukti atas
validitas teori yang dirumuskan penulisnya.
Dengan bahasa yang
juga sederhana, simpel, namun terstruktur dengan jelas, serta ditulis oleh
seorang praktisi, kehadiran buku ini berupaya menjadi roadmap bagi pembaca yang ingin mengikuti jejak kesuksesan
penulisnya, juga orang-orang lain yang berada pada jalan kesuksesan yang
sama.
No comments:
Post a Comment