Kamis, 19 Februari 2015

Kunci Sukses Pebisnis Tionghoa

Judul Buku: Rahasia Bisnis Orang China
Penulis: Ann Wan Seng
Penerbit: Noura
Cetakan: Maret 2014
Tebal: 210 Halaman

Dominasi orang Tionghoa di bidang ekonomi tidak terbantahkan, termasuk di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia misalnya, nama-nama seperti Liem Sie Liong, Alim Markus, James Riady tidak asing di telinga sebagai para pengusaha sukses. Sedangkan di Malaysia nama Lim Goh Tong dikenal hampir di seluruh negeri jiran tersebut.

Lalu apa yang membuat dominasi mereka begitu kuat dan sulit dipatahkan ? Hal ini disebabkan hubungan perdagangan di antara mereka begitu erat sehingga tidak dapat dipisahkan. Sikap seperti itu, bagi orang Tionghoa dianggap sebagai sikap patriotik. Setidaknya demikian menurut Ann Wan Seng dalam buku berjudul Rahasia Bisnis Orang China ini.

Senin, 16 Februari 2015

Mengubah Burung Dara Menjadi Rajawali

Koran Sindo, 8 Februari 2015

Judul Buku: 30 Paspor di Kelas Sang Profesor 1 & 2
Penulis: J.S. Khairen
Penerbit: NouraBooks
Cetakan: I, 2014
Tebal: 294+292 Halaman

Apa jadinya jika tiga puluh dua mahasiswa kampus bonafid seperti Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang diasumsikan terbiasa dengan fasilitas serba ada, secara tiba-tiba ditugaskan oleh profesornya untuk mengembara ke negeri asing seorang diri, tanpa jasa calo atau agen travel, juga dilarang menerima bantuan pihak keluarga ?

Repotnya lagi, selain harus mengurus paspor, penginapan, rencana perjalanan, apa yang mau dilihat, estimasi anggaran, mengumpulkan biaya, dan sebagainya secara mandiri, mereka juga dilarang mengunjungi negara-negara yang memiliki bahasa Melayu seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, atau Brunei Darussaalam.