Minggu, 22 Juni 2014

Menanti Implementasi Pancasila

Jawa Pos, 22 Juni 2014
 
Judul Buku: Mata Air Keteladanan, Pancasila dalam Perbuatan
Penulis: Yudi Latif
Penerbit: Mizan
Cetakan: I, Maret 2014
Tebal: 672 Halaman

Aksi kekerasan fisik yang dilakukan oleh sekelompok orang yang bermaksud memaksakan kehendaknya secara inkonstitusional serta melanggar hukum terhadap pihak dan kelompok lain, akhir-akhir ini marak terjadi dan menghiasi berbagai pemberitaan media massa di Tanah Air.

Salah satunya adalah penyerangan terhadap rumah seorang warga yang menggunakan rumahnya sebagai tempat ibadah di Sleman, Yogyakarta. Bahkan sebuah makam yang ramai diziarahi warga juga menjadi sasaran perusakan beberapa orang yang tidak bertanggungjawab di kota yang sama.

Senin, 02 Juni 2014

Wajah sang Pengusung Khilafah

Judul Buku: Islam Syariat; Reproduksi Salafiyah Ideologis di Indonesia
Penulis: Haedar Nashir
Penerbit: Mizan
Cetakan: I, 2013
Tebal: 698 Halaman

Runtuhnya rezim Orde Baru dan lahirnya era reformasi bukan hanya memberikan oksigen demokrasi kepada rakyat Indonesia, namun juga menjadi lahan subur tumbuhnya organisasi dan partai politik berorientasi ideologis yang memperjuangkan ajaran dan cita-cita Islam ke dalam institusi-institusi publik secara lebih terbuka dan formalistik.

Akan tetapi, minimnya antusiasme dan dukungan masyarakat Indonesia yang nota bene mayoritas beragama Islam terhadap partai politik yang menjadikan isu formalisasi syariat Islam sebagai jualan utamanya membuat satu persatu partai tersebut mundur secara teratur dan ibarat seleksi alam mereka akhirnya musnah ditelan zaman.