Selasa, 18 Maret 2014

Penyimpangan Demokrasi di Amerika

Suara Merdeka, 18 Maret 2014

Judul Buku: Demokrasi; Ekspor Amerika Paling Mematikan
Penulis: William Blum

Penerbit: Bentang

Cetakan: I, 2013

Tebal: 460 Halaman

Demokrasi sejatinya merupakan sebuah sistem ideal yang dicita-citakan para filosof sejak era Yunani Kuno. Polybios, misalnya, dengan mengembangkan dari konsep Aristoteles ia berkeyakinan bahwa demokrasi merupakan sebuah sistem yang ditegakkan oleh rakyat untuk memperoleh keadilan setelah meruntuhkan oligarki.


Sayangnya, Polybios juga meramalkan bahwa lama-kelamaan demokrasi juga akan diwarnai kekacauan dan maraknya korupsi sehingga hukum menjadi sulit ditegakkan. Sehingga lahirlah sistem okhlokrasi di mana seorang yang kuat dengan menggunakan kekerasan dapat memegang pemerintahan.

Senin, 17 Maret 2014

Mengoptimalkan Bakat Memimpin dalam Diri

Koran Sindo, 9 Februari 2014

Judul Buku: Optimalkan The Leader in You
Penulis: E. Widijo Hari Murdoko

Penerbit: Elex Media Komputindo

Cetakan: I, 2013

Tebal: 220 Halaman


Keberadaan pemimpin sangat vital bagi kelangsungan suatu organisasi, perusahaan bahkan negara. Jika kualitas pemimpinnya bagus, maka ada harapan yang dipimpinnya akan menjadi berkualitas. Sebaliknya, jika dipimpin oleh seorang yang lemah dan tidak berkarakter maka organisasi, perusahaan bahkan negara tersebut akan kehilangan visi, atau yang biasa dikenal dengan autopilot.


Sosok pemimpin kerap menjadi magnet bagi lingkungan sekitarnya. Segala perbuatan dan gayanya cenderung diikuti. Bahkan, baru sebatas mengunakan atribut pakaian, aksesoris, perlengkapan hingga gaya berbicara sekalipun, jika yang melakukan adalah seorang pemimpin yang diidolakan tak urung ditiru oleh para pengagumnya.