Jumat, 31 Januari 2014

Konsep Pendidikan sang Pendiri Taman Siswa

Koran Sindo, 19 Januari 2014

Judul Buku: Emong, Among, Pamong: Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Penulis: Bartolomeus Samho
Penerbit: Kanisius
Cetakan: I, 2013
Tebal: 115 Halaman

Nama aslinya adalah Soewardi Surjaningrat yang lahir pada hari Kamis Legi tanggal 2 Puasa 1818 atau tanggal 2 Mei 1889. Ayahnya adalah Kanjeng Pangeran Harjo Surjaningrat, putra dari Sri Paku Alam III dengan permaisuri kerabat keraton Yogyakarta. Dengan demikian, secara genealogis ia adalah seorang ningrat.

Akan tetapi, sosoknya dihormati oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia sehingga tercatat dalam tinta emas sejarah bangsa bukan karena gelar akademis maupun alasan genealogis tersebut, melainkan karena integritas, totalitas, loyalitas dan komitmennya untuk memerdekakan bangsa dari berbagai situasi tiranik.

Sabtu, 11 Januari 2014

Potret Demokrasi di Indonesia

Koran Sindo, 12 Januari 2014
 
Judul Buku: Demokrasi dan Pemilu di Indonesia
Penulis: Janedjri M. Gaffar
Penerbit: Konstitusi Press
Cetakan: I, November 2013
Tebal: 228 Halaman

Tahun 2014 sering disebut banyak kalangan sebagai tahun politik. Alasannya, apalagi kalau bukan karena pada tahun ini digelar hajatan demokrasi bangsa Indonesia berupa Pemilihan Umum (Pemilu) yang menentukan nasib ribuan anggota legislatif dalam 12 partai politik nasional. Plus pemilihan Presiden Republik Indonesia beserta wakilnya periode 2014-2019.

Meski akhir-akhir ini dicibir banyak orang karena dianggap memakan ongkos politik yang tidak sedikit, Pemilu tetap menjadi keniscayaan bagi sebuah negara demokrasi modern. Selaras dengan Universal Declaration on Democracy yang diadopsi oleh Inter-Parliamentary Union pada 16 September 1997, yang menegaskan bahwa elemen kunci untuk menjalankan demokrasi adalah dengan cara menyelenggarakan Pemilu yang jujur dan adil secara berkala.