Kamis, 26 Desember 2013

Interaksi Dua Agama Besar Dunia


Koran Madura, 27 September 2013

Judul Buku: Sejarah Perjumpaan Islam-Kristen

Penulis: Hugh Goddard

Penerbit: Serambi

Cetakan: I, 2013

Tebal: 402 Halaman


Populasi manusia saat ini mencapai angka 7 miliar jiwa. Hampir separuh dari angka tersebut, mengaku beragama Kristen dan Islam. Meski bukan yang tertua, eksistensi dua agama tersebut memang sangatlah panjang dan tak jarang mendominasi peradaban dunia.


Sebagai dua agama besar, interaksi keduanya sangat menarik sekaligus pelik. Terkadang hangat dan harmoni, saling mengkritisi, namun tak jarang pula terjadi pergesekan bahkan bentrokan yang melibatkan dua komunitas penyembah Tuhan ini sehingga antara keduanya saling mengeliminir.


Hizbullah, Paramiliter Tersukses Timur Tengah

Judul Buku: Hizbullah: Sebuah Gerakan Perlawanan ataukah Terorisme ?
Penulis: Musa Kazhim 
Penerbit: Noura Books
Cetakan: I, 2013
Tebal: 208 Halaman

Berdirinya negara Israel pada 14 Mei 1948 yang diarsiteki kaum Zionis, disponsori Inggris, dan dilegalisasi oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) merubah kondisi geopolitik kawasan Timur Tengah, terutama yang berdekatan dengan Palestina.

Betapa tidak, tak terhitung nyawa rakyat Palestina meregang dan 780.000 lainnya terusir dari tanah kelahiran di tahun pertama negara Israel berdiri. 100.000 diantaranya menuju Lebanon Selatan yang dihuni oleh mayoritas Syiah yang tersingkir dan terpuruk dalam beragam aspek kehidupan masyarakatnya.