Kamis, 19 September 2013

Jadi Pengusaha itu tak Sulit

Bisnis Indonesia, 08 September 2013
 
Judul Buku: Sederhana tapi Dahsyat
Penulis: Mustofa Romdloni
Penerbit: Kreasi Kata
Cetakan: I, 2013
Tebal: 190 Halaman

Selama ini, terdapat asumsi pada sebagian besar orang bahwa untuk memulai bisnis dan menjadi seorang pengusaha yang sukses dibutuhkan modal awal berupa uang yang tidak sedikit.

Asumsi tersebut ternyata tidaklah tepat, karena modal utama bagi siapa saja yang berniat menjadi pengusaha sukses adalah kemauan dan keberanian untuk memulai usaha meski dengan ide yang sangat sederhana dengan memanfaatkan situasi yang ada di sekitar.

Rabu, 18 September 2013

Orang Kaya Termuda di Dunia

Koran Sindo, 08 September 2013

Judul Buku: Milyarder Baru Diusia 17 Tahun
Penulis: Hermawan Aksan
Penerbit: Pustaka Inspira
Cetakan: I, Juni 2013
Tebal: 168 Halaman

Nama aslinya Nicholas D’Aloisio-Montilla atau lebih dikenal dengan Nick D’Aloisio. Usianya saat ini baru menginjak 17 tahun. Seperti remaja lain seusianya, aktivitas Nick berkutat pada sekolah, bermain dengan teman-teman dan mengutak-atik komputer. Penampilannya juga tidak ada yang istimewa.

Akan tetapi, tidak seperti kebanyakan anak muda lainnya, laki-laki kelahiran London 1 November 1995 ini telah menjadi seorang milyarder, bukan dari pemberian orang tua, menang undian atau lotre, melainkan hasil kerja cerdas nan inovatif yang diawali oleh kegemarannya mengutak-atik komputer.

Senin, 16 September 2013

Melacak Jejak Aroma Cukai Tembakau

Harian Bhirawa,   06 September 2013

Judul Buku: Ironi Cukai Tembakau
Penulis: Gugun El Guyanie, dkk.
Penerbit: Indonesia Berdikari
Cetakan: I, Juni 2013
Tebal: 190 Halaman

Sejak diperkenalkan pada tahun 1830 dan berhasil dikembangkan secara masif menjadi salah satu tanaman ekspor andalan sejak tahun 1858, tembakau sudah menjadi salah satu sumber pemasukan keuangan negara bagi pemerintah kolonial Belanda. Sejak itu, komoditas ini dibebani pungutan pajak dalam bentuk cukai rokok. 

Hingga saat ini, pertanian tembakau dan industri hasil tembakau merupakan penyumbang pendapatan negara terbesar keempat setelah pajak pertambahan nilai, pajak penghasilan badan, serta pajak penghasilan minyak dan gas bumi. Selain itu, komoditi ini juga menjadi sumber penghidupan utama jutaan rakyat Indonesia. 

Selasa, 03 September 2013

Perebutan Menuju Kursi Presiden

Koran Jakarta, 3 September 2013
 
Judul Buku: Perang Bintang 2014
Penulis: Burhanuddin Muhtadi
Penerbit: Noura Books
Cetakan: I, 2013
Tebal: 341 Halaman

Deklarasi calon presiden yang dilakukan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) pada 2 Juli 2013 yang lalu, semakin memperkencang genderang politik yang ditabuh menjelang 2014. Dengan mengusung Wiranto dan Harry Tanoesudibjo sebagai pasangan Calon Presiden dan wakil Presiden, Hanura berusaha menunjukkan kepercayaan dirinya yang tinggi.

Manuver yang dilakukan oleh Hanura boleh jadi akan semakin meramaikan bursa pencalonan presiden, mengingat partai-partai lain belum secara terbuka menyatakan jagoannya. Meski demikian, beberapa nama digadang-gadang akan terjun memperebutkan puncak kekuasaan di Tanah Air, sebagian lagi sekedar menjadi penghias media massa dan lembaga survey.