Sabtu, 29 Juni 2013

Tipu Daya Patih Astina

Harian Bhirawa, 28 Juni 2013

Judul Buku: Musnahnya Sengkuni
Penulis: Suwito Sarjono
Penerbit: DIVA Press
Cetakan: I, Januari 2013
Tebal: 352 Halaman

"Politik Para Sengkuni." Demikian status yang ditulis oleh mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam personal message blackberry messenger-nya. Setelah itu, nama Sengkuni sontak menjadi menjadi perbincangan banyak orang di negeri ini dan lebih populer dibanding sebelumnya dalam pentas politik Tanah Air.

Memang, Sengkuni yang menjadi penasihat para Kurawa tersebut, dikenal akan kelihaian muslihat serta kelicikannya dalam memenuhi segala ambisinya. Lalu seperti apakah jejak yang ditorehkan sosok yang satu ini secara lebih utuh? Buku berjudul Musnahnya Sengkuni ini, berusaha menarasikannya kembali dengan gaya yang disesuaikan dalam konteks saat ini. 

Rabu, 26 Juni 2013

Upaya Menciptakan Dunia Berbelas Kasih

Koran Sindo, 16 Juni 2013

Judul Buku: Compassion; 12 Langkah Menuju Hidup Berbelas Kasih
Penulis: Karen Armstrong
Penerbit: Mizan
Cetakan: I, April 2013
Tebal: 247 Halaman

Saat ini, dunia sedang mengalami polarisasi secara berbahaya. Ada ketidakseimbangan yang mencemaskan antara kekuasaan dan kekayaan, sehingga menimbulkan kemarahan, kelesuan ekonomi, keterasingan, dan keterhinaan yang meledak dalam kekejaman teroris yang membahayakan.

Perselisihan yang akar-akarnya bersifat “sekuler”, seperti konflik Arab-Israel, telah dibiarkan membusuk dan menjadi “suci” lalu, setelah disakralkan, banyak pendirian cenderung menjadi mengeras dan resisten terhadap solusi pragmatik. Agama sendiri semakin banyak disalahpahami dan dislahgunakan sebagai alat peperangan dan kekerasan. 

Selasa, 18 Juni 2013

Kisah tentang Keajaiban Hidup


Koran Sindo, 19 Mei 2013
 
Judul Buku: The Magic Life
Penulis: Ace Starry 
Penerbit: Alvabet
Cetakan: I Maret 2013
Tebal: 412 Halaman

Kalau kamu tidak bekerja keras, keberhasilan hampir tidak akan ada. Luck, keberuntungan adalah singkatan dari Labor Under Correct Knowledge-kerja keras dengan pengetahuan yang tepat. Seseorang yang terhormat itu bekerja sehari penuh.”

Begitulah pesan yang ditanamkan ibunya sepulang kerja dalam keadaan sangat kelelahan ketika ia dan Carl, adik laki-lakinya masih kanak-kanak. Sebuah pesan yang menginspirasinya untuk selalu bekerja keras meninggalkan tradisi kemiskinan yang diwariskan secara turun temurun dalam keluarga.