Senin, 13 Mei 2013

Rekam Jejak Sang Ketua MK

Koran Sindo, 12 Mei 2013

Judul Buku: Kontroversi Mahfud MD
Penulis: Rita Triana Buadiarta 
Penerbit: Konstitusi Press
Cetakan: Januari 2013
Tebal: 268 Halaman

Kehadirannya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) seolah menjadi obat penenang bagi sebagian besar rakyat Indonesia yang gelisah atas hilangnya rasa keadilan serta lemahnya penegakan hukum di Tanah Air.

Hal ini dikarenakan kompetensi dan kredibilitasnya sebagai pimpinan MK dianggap mampu memberikan bukti sekaligus harapan positif bagi penegakan hukum dan konstitusi di Indonesia. Selain itu, hukum di negeri ini sejatinya memang memerlukan seorang pejuang hukum yang cerdas sekaligus berintegritas.

Sabtu, 11 Mei 2013

Penjaga Konstitusi dari Pulau Garam

Koran Tempo, 12 Mei 2013
 
Judul Buku: Biografi Mahfud MD; Terus Mengalir
Penulis: Rita Triana Buadiarta 
Penerbit: Konstitusi Press
Cetakan: I, Maret 2013
Tebal: 612 Halaman

Senin, 1 April 2013, pengabdian Mahfud MD pada Mahkamah Konstitusi yang telah dijalaninya selama lima tahun secara resmi berakhir. Publik pun menanti kiprah berikutnya pria berkaca mata ini. Maklum saja, bersama dengan Joko Widodo dan Dahlan Iskan, namanya kerap disebut oleh berbagi lembaga survey sebagai salah satu kandidat potensial presiden Indonesia tahun 2014.

Namanya mulai dikenal luas masyarakat setelah Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang kala itu menjadi Presiden RI mengangkatnya menjadi Menteri Pertahanan pada tahun 2000. Buku berjudul Biografi Mahfud MD; Terus Mengalir ini mengupas perjalanan hidup seorang Mahfud MD sejak masa kecil di Madura, tumbuh dewasa di Yogyakarta, dan menjadi pejabat di Jakarta.