Kamis, 11 April 2013

Spiritualitas dan Kesehatan Manusia


Judul Buku: Tuhan dalam Otak Manusia

Penulis: Taufiq Pasiak

Penerbit: Mizan

Cetakan: I, 2012

Tebal: 473 Halaman


Selama ini, spiritualitas hanya dianggap menjadi urusan para ruhaniawan dan hanya masuk dalam wilayah agama. Konsekuensinya, segala ihwal yang berkaitan dengan spiritualitas hanya menjadi tanggung jawab pemuka agama.


Padahal, pada awal perkembangannya, ilmu kedokteran dan spiritualitas merupakan dua hal yang berjalan bersama-sama. Dokter pada masa lalu, juga sekaligus seorang figur religius, sehingga tidak hanya melayani praktek-praktek medis, namun juga spiritualitas.

Senin, 08 April 2013

Pelita bagi Indonesia

Kompas.com, 9 April 2013

Judul Buku: Indonesia Jungkir Balik
Penulis: Adhitya Mulya, dkk.

Penerbit: Noura Books

Cetakan: I, Desember 2012

Tebal: 177 Halaman


Menyaksikan “wajah” Indonesia dewasa ini, terutama melalui media televisi, nyaris tidak ada yang membanggakan, bahkan cenderung membuat miris. Betapa tidak, kasus pembunuhan, pemerkosaan, narkoba hingga penyakit kronis bernama korupsi, seolah berdesakan menampilkan negatifitas sosok Indonesia.  


Sedangkan acara “siraman rohani”-nya, kebanyakan diisi para ustad genit dan disaksikan ibu-ibu majelis ta’lim yang lebih mirip cheerleaders. Ustadz-ustadz mudanya, yang mengajari hidup sederhana dan bersabar menghadapi berbagai ujian Tuhan, tetapi kehidupan mereka sendiri kelewat glamour bak gaya hidup orang kaya baru kesurupan.

Sabtu, 06 April 2013

Dendam dari Masa Lalu

Koran Sindo, 7 April 2013

Judul Buku: Apartemen 666
Penulis: Sybill Affiat

Penerbit: Stiletto

Cetakan: I, Januari 2013

Tebal: 202 Halaman


KORAN SINDO (17/03/2013) memberitakan fenomena keterkaitan antara novel-novel best seller yang melahirkan film-film laris. Novel yang laku keras di pasaran, ternyata menjadi garansi kesuksesan ketika diadaptasi dan diangkat ke layar lebar menjadi film yang diputar di bioskop. Laskar Pelangi dan Ainun & Habibie menjadi bukti akan hal itu.


Menariknya, tidak satu pun film bergenre horor masuk di dalamnya. Rupanya novel dengan genre ini belum memiliki daya tarik yang cukup untuk diadaptasi menjadi sebuah film yang laris. Dengan kata lain, salah satu penyebabnya bisa jadi lantaran belum ada satu pun buku yang menawarkan kisah keberadaan makhluk dunia lain ini sukses menjadi best seller di Indonesia.

Kamis, 04 April 2013

Mengembangkan Bakat Sukses dengan Benar

Koran Jakarta, 5 April 2013
 
Judul Buku: Bakat Sukses
Penulis: Daniel Coyle
Penerbit: Alvabet
Cetakan: I, Januari 2013
Tebal: 153 Halaman

Sejak dahulu, secara naluriah orang berpendapat bahwa bakat sebagian besarnya bersifat bawaan, suatu karunia yang dianugerahkan sejak lahir. Namun sekarang, berkat penelitian yang dilakukan berbagai kelompok ilmuwan termasuk Dr. K. Anders Ericsson, Dr. Douglas Fields, dan Dr. Robert Bjork, keyakinan-keyakinan lama tersebut mulai dijungkirbalikkan. 

Sebagai gantinya, suatu pandangan baru tentang bakat mulai terbentuk. Pandangan ini menyatakan bahwa sejatinya bakat tidak terlalu ditentukan oleh gen yang kita miliki, melainkan lebih banyak oleh tindakan kita: tepatnya, gabungan antara latihan yang tekun dan motivasi yang menghasilkan pertumbuhan otak.