Minggu, 31 Maret 2013

Kiblat Baru Pemikiran Islam

Judul Buku: Fajar Baru Islam Indonesia ?
Penulis: Mujamil Qomar 
Penerbit: Mizan
Cetakan: I, Desember 2012
Tebal: 286 Halaman

Sejarah mencatat bahwa Islam secara gemilang masuk dan menyebar ke Nusantara dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama. Terlebih, datangnya Islam tersebut tidak melalui invasi militer maupun paksaan politik penguasa, melainkan dengan pendekatan kultural dan jalan damai.

Hasilnya, saat ini Islam bukan hanya menjadi agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat Nusantara, terutama Indonesia, bahkan menurut Azyumardi Azra, Islam di kawasan ini telah diakui sebagai salah satu wilayah kebudayaan yang cukup berpengaruh dari tujuh wilayah kebudayaan di dunia. 

Sabtu, 16 Maret 2013

Kiat Pembelajar yang Kreatif

Koran Sindo, 17 Maret 2013

Judul Buku: 10 Rahasia Pembelajar Kreatif
Penulis: Khrisna Pabichara
Penerbit: Serambi
Cetakan: I, Februari 2013
Tebal: 192 Halaman

Tahukah anda bahwa otak manusia memiliki kemampuan untuk menerima, mengatur dan menempatkan memori ? tidaklah mengherankan jika bagian tubuh dengan bobot hanya sekitar 1,5-2 kg ini kerap digunakan untuk mengungkapkan gambaran kecerdasan atau kebodohan seseorang. 

Kendati demikian, untuk memanfaatkan secara optimal organ yang dipenuhi lebih kurang satu triliun sel yang terdiri atas 100 miliar sel otak aktif dan 900 miliar sel otak pedukung ini dalam proses belajar, diperlukan latihan yang kontinyu sehingga menjadi suatu kebiasaan mental. 

Kamis, 14 Maret 2013

Sang Filantropis dari New York

Malang Post, 10 Maret 2013

Judul Buku: Tipuan Bloomberg
Penulis: A. Zulvan Kurniawan 
Penerbit: Indonesia Berdikari
Cetakan: I, Desember 2012
Tebal: 92 Halaman

“Jika mau mencalonkan diri menjadi aparat pemerintah, akan lebih baik menjadi miliarder dulu, sehingga Anda bisa fokus dalam bekerja.” (Michael Bloomberg)

Selama satu dekade terakhir, sosoknya menjadi perbincangan berbagai kalangan, baik politik, ekonomi, media, bahkan kebudayaan. Nama, sikap, pernyataan, dan visinya melampaui posisinya sebagai pemimpin kota megapolitan Amerika Serikat bernama New York. Dialah sosok bernama lengkap Michael Rubens Bloomberg.

Senin, 04 Maret 2013

Wanita Simpanan di Pentas Sejarah

Harian Detik, 2 Maret 2013

Judul Buku: Wanita Simpanan
Penulis: Elizabeth Abbot
Penerbit: Alvabet
Cetakan: I, Februari 2013
Tebal: 602 Halaman

Saat itu, musim gugur 1924 ia masih gadis remaja berusia 18 tahun yang menarik perhatian dan modis, seorang gadis ramping dengan karakter halus, rambut pendek dan mata gelap, cantik, dan cerdas. Ketertarikannya pada filsafat menuntunnya untuk memasuki Universitas Marburg serta mengikuti kelas seorang profesor yang kala itu namanya tengah meroket sebagai pemikir jempolan.

Rupanya penampilan Hannah Arendt, demikian nama si gadis, membuat Martin Heidegger sang profesor kesengsem. Meski telah beristri, lelaki berusia 35 tahun tersebut kemudian mendekati dan merayunya di kantor universitas. Beberapa minggu kemudian, secara diam-diam keduanya menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih.